Sistem Informasi

Sistem Informasi
Selamat Datang Di Blog PW(Pemrograman Web) Dan Terimakasih Atas Kunjungannya di Blog Kami Semoga Bermanfaat.......

Penemu Keyboard

Saturday, November 7, 20150 comments

Keyboard atau papan ketik merupakan salah satu bagian terpenting yang ada pada komputer maupun mesin ketik. Pengertian keyboard sendiri adalah suatu alat input komputer yang memiliki berbagai macam tombol-tombol yang memiliki fungsi atau perintah. Mengenai sejarah keyboard sendiri,Penemu Keyboard yaitu Christopher Latham Sholes. Dia adalah seorang jenius yang lahir pada tanggal 14 Februari 1819 dan wafat pada tanggal 17 Februari 1890. Christopher Latham Sholes ini adalah penemu mesin ketik sekaligus juga penemu keyboard qwerty pertama di dunia. Christopher Latham Sholes lahir di daerah Mooresburg, Pennsyvania, Amerika Serikat. Nah pada tahun 1867, Christopher Latham Sholes ini berhasil menciptakan sebuah mesin ketik dan berhasil juga mengembangkannya menjadi mesin ketik atau keyboard QWERTY pada tahun 1873.
Christopher Latham Scholes
Sebelum itu kamu perlu mengetahui mengapa keyboard QWERTY yang kamu gunakan saat ini tidak menggunakan berdasarkan huruf abjad? Karena pada waktu itu Christopher Latham Sholes menemui masalah dimana saat tombol sering kali ditekan, batang-batang huruf atau bisa juga disebut dengan istilah slug yang menghentak pita tersebut mengalami kegagalan mekanik, yang lebih sering diakibatkan batang-batang itu saling mengait atau bisa juga disebut dengan istilah jamming.

Sejarah Penemuan Keyboard QWERTY
Untungnya pada saat itu ada rekan bisnis Christopher Latham Sholes, dia bernama Ames Densmore, memberi saran kepada Christopher Latham Sholes bahwa Christopher Latham Sholes harus mencari kombinasi huruf lain agar masalah ini dapat terselesaikan.

Nah, karena si Christopher Latham Sholes merasa bingung untuk memikirkan solusinya, Christopher Latham Sholes malah mengacak acak urutan keyboard tersebut sehingga timbulah kombinasi yang sangat sulit untuk kegiatan mengetik, hal tersebut di lakukan untuk agar tidak terjadi lagi kegagalan mekanik, dan terciptalah suatu urutan QWERTY ini pada mesin ketik atau keyboard.
Mesin Ketik Christopher Latham Scholes
QWERTY Keyboard
Pada akhirnya susunan di mesin ketik ini yang di wariskan kepada "sang" keyboard sebagai input komputer dan pada tahun 1973 telah diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization).

Mengenai penemuan keyboard ini, ternyata Christopher Latham Sholes ini memiliki saingan yang bernama Dr. August Dvorak. Sekitar pada tahun 1940, temuan keyboard Dr. August Dvorak tersebut yang memiliki susunan yang memungkinkan kita untuk mengetik dengan lebih efisien terlambat atau keduluan si keyboard QWERTY milik Christopher Latham Sholes, sehingga keyboard temuan Dr. August Dvorak tersebut di jadikan sebagai versi alternatif pada tahun 1970.

Sampai sekarang, keyboard dengan susunan QWERTY masih dipakai sampai sekarang. Christopher Latham Sholes kemudian dikenal sebagai penemu keyboard ini dijadikan sebagai salah satu tokoh dengan penemuan terpenting di dunia.
Share this article :

Post a Comment

 
Copyright © 2015 Agus Dwiyanto - Pemrograman
Template modify by Agus Dwiyanto Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger